5 WISATA PANTAI SUMENEP : SERASA DI RAJA AMPAT

Untuk sebagian orang, Madura awalnya mungkin sekedar tanah tandus dan kering. Tak jarang pula, orang memendam ketakutan untuk pergi ke daerah di ujung timur pulau Jawa ini sebab masyarakat disana terkenal keras temperamennya. Pendapat ini tidak salah, namun juga tidak sepenuhnya bisa dibenarkan.
LOKASI WISATA PANTAI MADURA
WISATA PANTAI GILI LABAK MADURA
Kalau anda pergi wisata ke Madura bagian paling ujung,  Sumenep misalnya, justru stereotipe seperti itu malah terkoreksi dengan sendirinya. Penduduk disini ramah dan bertegur sapa. Tak salah kecamatan ini akhirnya jadi destinasi wisata favorit pelancong.

Sumenep merupakan sebuah kabupaten yang terletak setelah Bangkalan, Sampang dan Pamekasan. Rute ini berlaku jika perjalanan anda dilakukan dari Surabaya. Wilayah Sumenep sebetulnya lebih mirip Solo, logat penduduknya halus, jauh lebih enak di dengar daripda 3 kabupaten tetangganya.

Keistimewaan pulau ini adalah adanya gugusan pulau kecil yang terbaring sempurna. Tempat ini juga menjadi titik penghubung dari Madura menuju Kangean, dimana anda bisa menemukan keindahan alam layaknya Raja Ampat.

Menuju ke kabupaten ini anda benar-benar akan dimanjakan dengan panorama terbaik dari pantai-pantai di Madura. Setidaknya ada 5 pantai yang benar-benar tak boleh anda lewatkan.

5 Wisata Pantai Sumenep


1.     Pulau Gili Labak
Gili Labak island hanya mempunyai luas 5 hektar. Cukup kecil memang. Garis pantai berpasir yang panjang dengan warna putih bersih dan halus. Ombaknya pun cukup tenang, airnya jernih, dan masih banyak pula terdapat terumbu karang yang masih alami di sini. Jadi anda tidak perlu jauh-jauh snorkling ke tengah laut untuk menikmati keindahan alam bawah air.

Penginapan di Gili labak masih tergolong sederhana. Biasanya warga setempat menyewakan rumah mereka untuk wisatawan. Namun ingat, Gili Labak hanya dihuni sekitar 30 kepala keluarga. Itu artinya penginapan bisa jadi full sewaktu-waktu. Apalagi saat peak season liburan, , beberapa penginapan sudah pasti dibooking oleh penyedia paket wisata. Ini artinya anda mesti camping dengan tenda. Ehm, ala backpacker gitu mungkin.

Waits, jangan terlalu kawatir. Berkemah di Gili Labak memiliki sensasi yang super asik. Dipayungi langit malam dan udara laut yang segar. Tempat ini sungguh romantis saat malam. Asal ingat, jangan camping saat musim hujan.

2.     Gili Iyang

Jangan heran kalau kebetulan anda tiba ke Gili Iyang lantas menemukan orang berumur lanjut yang masih segar. Maklum, Pulau Awet Muda ini mempunyai kadar oksigen tertinggi kedua di dunia setelah Jordania yakni 21,5 persen. Amazing?

Pantai di Gili Iyang juga menjadi salah satu ikon wisata Sumenep. Bahkan namanya sudah tersohor lebih dulu hingga mancanegara, terutama Eropa dan China, daripada Gili labak. Tinggal disini anda bisa tahan hidup hingga berusia 130-140 tahun tanpa mengalami demensia. Hal ini sejalan dengan hasil penelitian Lapan yang dilakukan sekitar tahun 2011 lalu.

Untuk sampai di Gili Iyang, jarak yang mesti anda tempuh sekitar 30 km dari pusat kota Sumenep. Di jakarta atau Surabaya, rute ini akan teramat jauh dan berbelit-belit. Disini beda. Semua lancar dan tenang. Sampai di pelabuhan, anda mesti menyewa kapal. Di butuhkan waktu 40 menit untuk sampai tujuan. Biaya yang mesti dikeluarkan untuk menyewa perahu sebesar Rp. 300.000,00 – Rp. 500.000,00/ perahu. Namun ini juga tergantung bagaimana caramu menawar. Dan agar lebih murah, kalian bisa patungan sebab hitunganya bukan per kepala tapi per perahu.

3.     Gili Genting

Di Pulau Gili Genting ada pantai teramat indah buat dilewatkan. Namanya Pantai Kahuripan. Tempat ini masih super alami dan bersih. Mirip-mirip dengan pulau yang ditemukan Leonardo dalam film The Beach. Bedanya, di tempat ini tidak ada ganja. Penduduk Madura, rajin sembahyang dan gemar menabung.

Untuk menuju Pulau Gili Genting memang dibutuhkan waktu yang relatif lama. Maklum letaknya cukup terpojok di sudut kota. Anda mesti menggunakan perahu motor dari Pelabuhan Pagar Batu. Bisa juga lewat Pelabuhan Tanjung di Serunggi. Pantai Kahuripan terletak di Desa Gedugan, Kecamatan Giligenting.

Keistimewaan pantai Kahuripan terletak pada topografinya yang unik. Dataran tebing agak tinggi dari laut, sementara digaris pantai terdiri dari batu-batu karang besar. Kurang lebih mirip dengan tempat Ikal bermain di Laskar Pelangi. Kecepatan angin cukup tinggi. Dan ini memberi nuansa yang teramat sejuk dan damai.

4.     Pulau Sapeken
Pulau Sapeken berada di ujung paling timur Kepulauan Madura. Itu artinya, ini adalah destinasi pantai di Sumnep yang paling jauh. Letaknya berdekatan dengn pulau Sepanjang. Waktu tempuhnya sekitar 18 jam dengan menggunakan kapal ferry. Dan perjalanan anda masih belum selesai.

Anda masih diwajibkan menyewa perahu motor yang waktu tempuhnya berkisar antara 1,5 – 2 jam perjalanan. Jadi total lama perjalananya sekitar 20 jam. Jauh lebih lama dari perjalanan dari Surabaya ke Singapura. Kalau mau lebih cepat, anda bisa menyewa kapal express. Harga tiket angkutan ini Rp. 150.000,00/ orang untuk kelas bisnis. Dengan jenis kapal ini anda bisa menghemat waktu hingga separuhnya. Ya kira-kira penjelajahan anda tinggal 10 jam.

Anda bosan di perjalanan? Jangan salah sangka. Dalam rute perjalanan ini anda tidak hanya disuguhkan dengan luasnya seperti naik kapal tanker, tapi pemandangan yang memukau dari atas perahu. Anda akan berjumpa dengan gugusan pulau. Sesekali perahu nelayan yang mencari ikan akan menyapa. Bila beruntung, anda akan melihat lumba-lumba berkejaran seakan mengatakan welcome to the paradise.

Disini anda menemukan terumbu karang yang memukau. Dari data hasil interpretasi citra satelit, topografi pantai disini menunjukkan hampir 50% jumlah luasan terumbu karang. Anda bisa membayangkan? Tidak perlu. Datang saja, nikmati pengalaman snorkling dan diving kelas dunia.

5.     Pantai Lombang dan Ambuten

Pantai teduh yang diselimuti pohon cemara ini juga cukup terkenal di Sumenep. Lokasi Pantai Lombang kira-kira 25 km ke arah timur dari pusat Kota Sumenep. Tepatnya berada di Kecamatan Batang-Batang. Tiket masuk ke pantai ini hanya Rp. 7000,00 saja. Sangat murah. Apalagi perjalanan ke tempat ini tidak ribet. Anda tidak harus naik perahu menyeberangi laut. Cukup dengan transportasi darat, semua selesai.

Selain Lombang, pantai ambuten juga menjadi wisata murah karena memang rute perjalananya bisa ditempuh hanya dengan jalur darat. Terletak di Desa Ambuten Barat, Kecamatan Ambuten, Pantai ini memiliki ombak yang tenang dan bebatuan karang yang menjulang indah di tepi pantai. Pasir putihnya juga bersih. Pengunjungnya juga masih sepi. Tempat ini cocok untuk para jomblo merenungi nasib.

Dan itulah beberapa pantai di Sumenep yang bisa anda jadikan salah satu list dalam perjalanan piknik dan wisata pantai anda. Yang mesti anda perhatikan adalah pastikan jalur perjalanan anda tepat.

Rute perjalanan Surabaya Sumenep
Surabaya merupakan jalan masuk menuju Madura. Jalurnya harus dilewati melalui jembatan Suramadu.  Perjalanan menuju Sumenep anda akan melewati Bangkalan, Sampang dan Pamekasan. Wilayah ini memang dipenuhi tanah tandus dan kering namun pemandangan berbeda jika sampai Sumenep. Sepanjang jalan anda akan melihat pantai dengan gradasi warna putih, hijau dan biru. Letak geografis Sumenep diantara Bali dan Surabaya (segitiga emas) memang banyak menyimpan pulau-pulau kecil yang keren dan belum terjamah.

Anda bisa datang sendiri atau mengambil paket wisata. Untuk paket wisata, Akcaya Travel menyajikan perjalanan berkesan. Biaya tour kami murah. Anda tak perlu galau akan kehabisan dana. Lebih jelasnya silahkan hubungi customer service kami.

HUBUNGI KAMI SEGERA:

NO.HP: 0822 3336 3446 (Telkomsel)

WhatsApp klik: WA-082233363446

Masukkan Email Anda Untuk Mendapatkan Info Paket Wisata Murah Terbaru:

0 Response to "5 WISATA PANTAI SUMENEP : SERASA DI RAJA AMPAT"

Posting Komentar

Web Analytics